google-site-verification: google51acd880056bd7bc.html

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memindahkan Alat Berat

Memindahkan alat berat dapat menjadi sebuah tantangan yang rumit dan berbahaya, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Bahkan hanya dengan satu kesalahan saja, resiko memindahkan alat berat dapat meningkat dari keseleo sederhana menjadi cacat permanen. Karena itu, saat menangani pekerjaan apa pun, sangat penting untuk selalu memikirkan keselamatan terlebih dahulu.

Demi menghindari kesalahan yang mungkin terjadi saat mobilisasi alat berat, tentu ada baiknya jika Anda mengedukasi diri terlebih dahulu dengan memperhatikan beberapa hal penting berikut ini saat akan memindahkan alat berat.

1. Lakukan Penilaian Resiko

Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan saat memindahkan alat berat adalah melakukan penilaian resiko secara penuh. Artinya, Anda harus mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat terjadi demi menguranginya sampai batas tertentu. Jika beberapa tindakan pengendalian sudah diaplikasikan dan masih terdapat resiko dari segi keselamatan pekerja, maka penggunaan Alat Pelindung Diri wajib diterapkan.

Selain itu, melakukan penilaian resiko dengan baik juga dapat membantu Anda untuk menentukan jenis Alat Pelindung Diri yang diperlukan untuk melindungi pekerja dari bahaya yang terkait dengan pemindahan alat berat.

2. Buat Detail Rencana

Membuat rencana sedetail mungkin dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Semakin detail rencana yang Anda buat, maka semakin jelas pula gambaran mengenai garis besar proses pemindahan alat berat yang akan diperlukan oleh pekerja Anda. Misalnya mengenai ke mana peralatan akan dipindahkan atau alat berat apa yang akan diprioritaskan terlebih dahulu, sehingga Anda memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan penyesuaian di kemudian hari.

3. Gunakan Alat yang Tepat

Dalam hal penangangan material, ada beberapa alat tertentu yang biasanya digunakan untuk mempermudah proses pemindahan alat-alat berat. Berikut beberapa di antaranya.

  • Machine skate: Sepatu roda mesin untuk memindahkan alat berat dari satu titik ke titik lainnya.
  • Roller skid: Versi upgrade dari machine skate yang memiliki stabilitas yang lebih baik.
  • Toe jack: Dongkrak kaki yang beroperasi menggunakan mesin hidrolik untuk menempatkan alat berat ke atas machine skate atau roller skid.
  • Hand truck: Berfungsi untuk memindahkan jenis alat berat yang tidak terlalu besar.

4. Hitung Anggaran yang Diperlukan

Anggaran akan selalu menjadi hal utama yang diperlukan dalam setiap perencanaan apa pun. Untuk berjaga-jaga, selalu siapkan biaya tak terduga guna menghindari kerugian lebih besar yang mungkin terjadi di lain waktu. Selain itu, Anda juga harus menghitung berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan selama pemindahan alat berat berlangsung demi kelancaran prosesnya.

5. Buat Jadwal Terperinci

Memiliki jadwal yang jelas dan teratur memungkinkan Anda untuk memastikan alat berat yang dibutuhkan sudah sampai pada lokasi pemindahan yang tepat sebelum melewati batas waktu yang ditentukan. Hal ini juga bertujuan agar Anda bisa menyisakan cukup waktu untuk bergerak dan menyesuaikan banyak hal jika ada beberapa perubahan yang diperlukan ke depannya.

Terkadang, memindahkan alat berat bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Namun jika Anda selalu mempersiapkan segala kebutuhan dengan matang dan mengikuti prosedur yang dianjurkan berdasarkan panduan di atas, tentu semua proses pemindahan pun dapat berjalan dengan aman dan terkendali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh bantuan?
Hai
Ada yang bisa kami bantu?