google-site-verification: google51acd880056bd7bc.html

Menyewa Vs Membeli Alat Berat: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan

Saat mempertimbangkan untuk membeli atau menyewa peralatan konstruksi seperti alat berat. Anda tentunya sadar bahwa keputusan tersebut akan sangat berdampak pada situasi keuangan bisnis. Terlepas dari apakah perusahaan Anda adalah perusahaan besar, menengah, atau kecil.  Jika Anda mencari mana pilihan yang paling menguntungkan, tentu saja baik membeli atau menyewa alat berat sama-sama memiliki kelebihan. Namun, sebelum menentukan mana keputusan yang paling tepat, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan berbagai hal berdasarkan kondisi perusahaan saat ini agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Sebagai panduan, berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan untuk menyewa atau membeli alat berat.

1. Situasi Keuangan

Situasi keuangan perusahaan merupakan faktor paling utama yang harus Anda pertimbangkan, terutama jika Anda memutuskan untuk membeli. Meskipun ini merupakan pengeluaran keuangan yang hanya dilakukan satu kali saja dan terbilang lebih murah dalam jangka panjang. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Anda membutuhkan modal yang sangat besar. Belum lagi masih ada biaya pemeliharaan yang harus dikeluarkan secara rutin ke depannya.

Jika situasi keuangan perusahaan Anda tidak memungkinkan, tentu menyewa merupakan opsi terbaik. Dengan menyewa alat berat, Anda tidak perlu dibebankan dengan modal besar serta biaya pemeliharaan yang dapat memberatkan.

2. Biaya Kepemilikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk membeli alat berat Anda tidak hanya harus menyiapkan modal awal saja,. Tapi juga biaya kepemilikan yang mencakup perawatan mesin secara berkala, biaya operasional dan bahan bakar, asuransi, pajak dan perizinan, serta biaya penyimpanan seperti lahan parkir. Selain itu, pertimbangkan juga bahwa untuk mengoperasikan alat berat, Anda membutuhkan operator profesional yang sudah memiliki surat izin operator. Dalam hal ini, Anda mungkin saja membutuhkan biaya tambahan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan Anda.

Berbeda ketika Anda menyewa alat berat dari tempat rental, tentu Anda akan dibebaskan dari berbagai biaya kepemilikan yang sudah disebutkan di atas. Selain harganya yang lebih terjangkau, biasanya penyewaan di tempat rental sudah menggunakan sistem biaya all-in, bahkan termasuk layanan jasa operator profesional yang telah dibekali dengan surat izin resmi.

3. Frekuensi Pekerjaan

Selain biaya, frekuensi pekerjaan juga merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan alat berat merupakan jenis barang bernilai tinggi. Jika Anda membelinya hanya untuk mengerjakan pekerjaan jangka pendek yang dilakukan sesekali saja, tentu itu bukanlah keputusan bijak mengingat Anda sama saja dengan membuang-buang uang. Terkecuali Anda menggunakan peralatan tersebut sebanyak lebih dari 65% untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda, maka menyewa merupakan keputusan yang paling masuk akal.

4. Akses Peralatan

Keuntungan memiliki alat berat sendiri adalah, Anda dapat menggunakan mesin milik Anda sesukanya. Namun perlu diingat bahwa teknologi tidak pernah stagnan, dan setiap tahunnya akan selalu ada peralatan baru yang memiliki peningkatan fitur yang lebih canggih. Saat menyewa alat berat ke tempat rental, Anda memiliki keuntungan untuk mendapatkan mesin dengan teknologi terbaru dengan harga yang lebih terjangkau dibanding jika membeli alat baru. Selain itu, menyewa alat berat juga mungkinkan Anda untuk mendapatkan akses ke berbagai jenis peralatan yang dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda.

5. Konsekuensi Pasca Pembelian

Jika memutuskan untuk membeli alat berat sendiri, selain membutuhkan biaya kepemilikan yang jumlahnya tidak sedikit, harus diingat bahwa semakin sering Anda menggunakannya, mesin Anda akan terus bertambah tua. Dari perspektif bisnis, tentu Anda tahu apa artinya ini. Hal tersebut akan membuat mesin semakin aus dan menurun nilainya, yang tentunya dapat menyulitkan saat Anda mencoba untuk menjualnya.

Berbeda halnya jika Anda memutuskan untuk menyewa ke tempat rental alat berat, Anda tidak perlu dibebankan dengan semua konsekuensi tersebut.

Pastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat demi kelancaran bisnis. Namun jika kondisi keuangan Anda dirasa belum memungkinkan untuk membeli alat berat sendiri, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menyewa perlatan konstruksi berkualitas dari Boss Alat Berat. Kami menawarkan jasa rental atau sewa alat berat yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Selain itu, kami juga dapat memberikan layanan berupa jasa operator handal yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan berbagai jenis alat berat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh bantuan?
Hai
Ada yang bisa kami bantu?